top of page
Kang Aat & Pak Sarwono.png

PERSONA BERINTEGRITAS

oleh: Aat Soeratin

Sarwono Kusumaatmadja adalah Persona Berintegritas – Man of Integrity. Jejak pengalaman, karier, pengabdian pada negara, dalam perjalanan hidupnya menunjukkan hal itu. Karena integritasnya itulah Kang Sarwono Kusumaatmadja bisa berkiprah dan punya posisi penting dalam medan kerja sosial politik. Lintas generasi juga lintas rezim.

Kedudukannya sebagai birokrat dengan pelbagai posisi penting tak menyurutkan spirit aktivis terus meng-arus pada urat darahnya. Ia punya metoda yang realistis dalam melaksanakan kerja budayanya. "Saya tidak bergerak berdasarkan apa yang ideal melainkan apa yang bisa dikerjakan menuju perbaikan, setahap demi setahap,” katanya. Maka prinsip kerja itu membuat segala perhitungannya selalu objektif dan tepat sasaran.

Pikiran-pikirannya tak tersembunyikan oleh dinamika zaman. Oleh sebab itulah Kang Sarwono bisa komunikatif dan adaptif terhadap setiap perubahan yang terjadi sehingga ia tak henti-hentinya diundang sebagai narasumber yang inspiratif dalam pembahasan pelbagai topik  lingkungan hidup dan kebangsaan yang luas spektrumnya. Lintas usia, lintas generasi.

Kang Sarwono akrab, bergaul dengan gembira, berkegiatan bersama kaum muda yang dalam hitungan usia termasuk generasi cucunya. Melintasi beberapa rezim pemerintahan Sarwono Kusumaatmadja tak pernah “bersembunyi” atau “mengundurkan diri” dari pentas pengabdian. Persona berintegritas ini memang terkenal bersahaja, rendah hati, empatif, dan mudah bersahabat dengan siapa saja.

Kang Sarwono selalu meniupkan semangat optimisme. “Tak ada satupun, bangsa dan negara yang tak disungkup oleh masalah…,” katanya suatu ketika. Namun Kang Sarwono punya premis yang jitu bahwa: “Solusi untuk suatu masalah akan ada di sekitar masalah itu, tidak di tempat yang jauh.” Pantaslah, hingga ahir hayatnya, Sarwono Kusumaatmadja selalu dekat—tak pernah beranjak jauh—dari Indonesia sebab ia senantiasa bersemangat menyelesaikan bermacam masalah yang masih melilit Indonesia guna menyiapkan ruang kehidupan yang lebih baik bagi generasi yang akan datang.

Kini The Man of Integrity telah pergi

Tinggallah kita di sini

Mengkhidmati inspirasinya

Meneladani integritasnya.

Bandung, 23 Juli 2023

Aat Soeratin

Budayawan

bottom of page