top of page
WhatsApp Image 2023-07-18 at 17.59.31.jpg

TOKOH BESAR YANG SEDERHANA

oleh: Basuki T. Purnama

Banyak kalangan mengagumi Ir. H. Sarwono Kusumaatmadja sebagai sosok pejabat atau mantan pejabat yang sederhana dan bersahaja, ini dilihat dari gaya hidup beliau, bahkan kendaraan kesayangan yang digunakan 'hanya' Suzuki Grand Escudo keluaran 2006, sebagai menteri di era Presiden Soeharto dan Presiden Gus Dur dan mantan anggota DPR RI serta DPD RI tentu beliau bisa saja mengunakan kendaraan keluaran terbaru, tetapi Pak Sarwono tidak melakukan itu. 

 

​Pak Sarwono tidak saja dikenal sebagai politisi tiga zaman, melainkan juga tokoh panutan, sosok egaliter, berintegritas tinggi dan tentunya merupakan pejuang lingkungan hidup yang selalu mengingatkan pentingnya menjaga kelestarian alam dan keberlanjutan sumber daya alam untuk generasi mendatang. 

 

​Ada satu cerita sekitar Oktober 2014, saat itu saya menjadi salah satu pembicara terkait Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dalam Penanganan Banjir, saat itu saya sempat ingin menolak undangan tersebut karena merasa tidak cakap sebagai pembicara, namun akhirnya saya memutuskan hadir karena menurut panitia, Pak Sarwono akan hadir di acara tersebut. ​

 

Saya tidak berani enggak datang karena Pak Sarwono senior dan pembimbing saya. ​

 

Secara pribadi saya bangga dan berterima kasih kepada Pak Sarwono, saat itu di sekitar tahun 2006 melalui blog pribadinya, beliau pernah menulis tentang diri saya usai memenangkan Pilkada Belitung Timur, dituliskan oleh Pak Sarwono bahwa kemenangan saya sebagai Bupati Belitung Timur di tahun 2005 menjadi sebuah inspirasi bagi daerah lain yang juga memiliki masyarakat plural. Tetapi bukan hanya itu, sama pentingnya adalah adanya kesadaran baru bahwa kepemimpinan lokal, baik bupati maupun gubernur, dapat memberikan pelajaran-pelajaran berharga bagi pusat di Jakarta. Sekaligus, “memaksa” pusat untuk melakukan reorientasi kepemimpinannya. ​

 

Dari tulisan tersebut jelas, Pak Sarwono merupakan sosok demokratis dan visioner, menginginkan Indonesia tidak hanya sebagai negara demokrasi saja namun juga maju di segala bidang. 

 

Selamat Jalan Pak Sarwono.

Salam,​

 

Basuki T. Purnama

bottom of page