top of page

The Man of Integrity

Ipong&Sarwono.jpg

MATAHARI YANG TAK PADAM KARENA SENJA

oleh: Ipong Witono

Tata surya mengajarkan kita akan kepatuhan pada sebuah ekosistem. Sebuah kodrat yang melengkapi berputarnya sebuah evolusi. Seperti matahari yang memancar menerangi kehidupan. Menumbuhkan dan menjaga agar seluruh makhluk hidup dapat meneruskan takdirNya.

Seperti matahari yang menemani sejak dimulainya peradaban manusia. Memberi energi pada semua makhluk hidup karena energinya yang memancar tak henti sejak semesta hadir. Matahari memberi asa tanpa meminta jasa. Ia setia menjalankan misi Ilahi. Tak bertanya ihwal keteraturan yang membosankan. Berputar dalam porosnya di tengah jutaan bintang dalam galaksi. Ia sadar harus menggenapi takdirnya bagi keagungan tata surya.

Sarwono Kusumaatmadja adalah matahari bagi sesama. Sejak dilahirkan ia mencatat perubahan sejarah bangsa yang mengusik batinnya. Ia hadir menerangi semua orang yang membutuhkan. Ia konsisten memberi inspirasi bagi bangsa melalui kerja sunyi yang dilakukan dengan penuh antusias. Seorang yang selalu berbagi tentang apa saja yang menumbuhkan harapan. Ia melakoni hidupnya dengan penuh dedikasi dan penuh integritas.

Sarwono seseorang yang tak mau terjebak dalam arus jaman. Walau tak menafikan fakta bahwa ia pernah berada di pusat inti kekuasaan yang dahsyat. Sarwono seorang yang mengedepankan logika bersandar pada intuisi yang tajam. Ia selalu mempertanyakan kembali fenomena kehidupan yang pesat berkembang. Perbincangan dalam jiwa, pergulatan dalam diri dengan mengedepankan akal sehat telah menyelamatkan ia hanyut dalam kekuasaan.

Spritualismenya terbangun dari panggilan bagi negeri. Berbagi kepada siapapun yang sejalan seiring dalam nafas cinta republik. Nasionalisme tanpa retorika. Ia jengah dengan kalimat eufemisme. Ia straight to the point dengan narasi telanjang, transparan, langsung pada pesan yang bersandar pada akal sehat. Ia berhasrat memanusiakan manusia, menjadikan bangsanya dapat mengarungi bahtera peradaban.

Sarwono sudah selesai dengan dirinya. Tak silau harta dan kedudukan. Namun sangat terusik apabila melihat integritas yang terobek. Ia selalu bergembira mau melayani siapapun di posisi apapun sepanjang bermanfaat pada sekitarnya. Ia tak tinggi hati karena sejatinya dirinya telah diwakafkan pada kepentingan sesama. Tak haus untuk dipuji. Tak hanyut dan luluh karena kekuasaan dan harta. Seorang yang memiliki karakter kuat dengan energi kasih tak terhingga.

Ia mengalir sepi tak henti. Bagi dirinya kehidupan tak selalu linier. Krisis selalu dapat dijadikan momentum bagi setiap insan. Ia percaya bahwa krisis akan menempa dan membentuk kebajikan serta mengubah seseorang secara adaptif. Ia tak cemas melihat perubahan karena hakikinya hidup adalah perubahan itu sendiri. Perubahan selalu disongsong dengan optimisme. Perubahan adalah abadi dan kesejatian karakter akan selalu menjadi yang kekal.

Senja itu hadir bagai semilir angin. Meniup semua kebajikan dan hikmah hidup. Sang senja setia menutup sang surya dengan anggun. Senja tenggelam surut agar kita semua mengerti akan arti hidup.

Senja mengunci batin agar kita respek pada sang fajar. Terus berulang hingga perayaan hidup berakhir. Senja hadir untuk memastikan bahwa hidup harus terus diperjuangkan dengan asa sang fajar.

Terima kasih telah menjadi matahari yang tak padam karena senja, Pak Sarwono. Jasamu abadi.

----------------------------------

Nukilan langkah, pikiran dan inspirasi Sarwono Kusumaatmadja ini didedikasikan sebagai sebuah inspirasi akan jejak manusia yang mengabdi negeri dengan paripurna dan tak luluh ditelan zaman.

Sebuah website untuk pembelajaran bagi kita semua akan arti keteguhan karakter, pentingnya memelihara akal sehat dan terus menyalakan kasih nurani bagi sesama.

Teriring terima kasih kepada para sahabat yang telah meluangkan hati, pikiran dan waktunya untuk mewujudkan situs web Sarwono Kusumaatmadja:

Ahkam Nasution • Aat Soeratin • Eric Wiradipoetra • Donny Rachmansyah • Sri Murniningtyas • Agus Rachmat • Swary Utami Dewi • Nico Wanandy • Sandyakalaningtias • Ichwan Supria

 

Terima kasih dikhususkan kepada keluarga besar Sarwono Kusumaatmadja, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari Agus Justianto, Para Sahabat yang telah menjadi kontributor membagi catatan, dokumen makalah, foto dan kenangan sehingga situs web Sarwono Kusumaatmadja bisa disajikan kepada publik.

Bandung, 23 Juli 2023

Ipong Witono

bottom of page